Sampai 26 November 2017, KPU Sumut Tunggu Pend Balon Independen Mendaftar

Medan-PNC | Meski sejak dibuka pendaftaran Bakal Calon (Balon) Independen atau perseorangan Gubernur Sumatera Utara pada Pilgubsu 2018,  Rabu (22/11), namun tak satupun balon non partai yang mendaftar, namun Komisi Pemilihan Umum (KPU) teta

Hal itu dikatakan  Kabag Humas dan Hukum KPU Provinsi Sumut, Maruli Pasaribu, SH kepada Gebrak di kantor KPU Provinsi Sumut. di pelataran kantor, Jl. Perintis Kemerdekaan Medan (24/11).

“Namun begitu, kita masih tetap menunggu pendaftaran balon Gubsu independen sampai Minggu (26/11) jam 24.00 Wib,” katanya.

Menurut dia, syarat dukungan bakal calon independen sebanyak 765.048 dukungan. Jumlah ini berdasarkan hasil perhitungan KPU Sumut dengan mengacu jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada terakhir di Sumut sebesar 7,5 persen dari 10.295.013  DPT.

“Selain itu dukungan juga harus tersebar minimal di 17 kabupaten/kota di Sumut,” kata Maruli.

Saat disinggung bila bakal calon independen yang mendaftar ke KPU Sumut ternyata belum memenuhi kuota dukungan yang ditentukan, Maruli meminta agar bakal calon independen tersebut melengkapi dukungan sampai Minggu.(26/11).

“Jika sampai batas waktu yang telah ditentukan, tapi bakal calon independen tidak bisa menyerahkan 765.048 dukungan, maka bakal calon tersebut dianggap tidak dapat ikut tahapan selanjutnya,” kata Maruli.

Ia juga menambahkan bahwa dukungan bakal calon independen tidak bisa dicicil, misalnya hari ini memberikan 1.000 dukungan, lalu esoknya dicicil lagi. “Yah, pokoknya jika sampai waktu yang ditentukan, bakal calon independen tidak dapat menyerahkan kuota dukungan, maka dia dianggap gagal menjadi peserta bakal calon independen pada Pilkada Sumut yang akan digelar bulan Juni 2018 mendatang. (bahren).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *