Pengembangan Ekonomi Ponpes, PW RMI NU Sumut dan Pertamina Diskusi Virtual

Medan – Patennews.com: Pengurus Wilayah Rabithah Ma’ahid Islamiyah Nahdlatul Ulama Sumatera Utara (PW RMI NU Sumut) bersama PT Pertamina Persero Regional I menggelar kegiatan diskusi virtual (dunia maya) atau online, lewat Join Zoom Meeting https://us02web.zoom.us/j/88264918819. Rabu (24/6)         

Dalam diskusi di dunia maya dengan thema “Pengembangan Ekonomi Pondok Pesantren (Ponpes),” hadir di antaranya Dr Arifuddin Muda Harahap MHum Ketua PW RMI NU Sumut. Dr Alfin Siregar MPd, Dr Fridianto MPd, Abdul Kholiq MPd, Julpian Harahap SE, MM dan pengurus Pengurus PW RMI NU Sumatera Utara lainnya.

Sementara pihak PT Pertamina Regional I diwakili M Roby Hervindo (Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I) dan Tengku Muhammad Rum (Manajer Hubungan Komunikasi & CSR RU IV).   

Dikesempatan itu, Dr Arifuddin Muda Harahap mengenalkan bahwasanyya RMI NU Sumut adalah singkatan dari Rabithah Ma’ahid Islamiyah Nahdlatul Ulama Sumatera Utara. “Sederhananya, RMI ini adalah Asosiasi Ponpes yang berada di bawah binaan NU dan saat ini PW RMI NU Sumut memiliki 190 Pondok Pesantren Binaan di Sumut,” ulasnya.  

Selanjutnya pria yang karib disapa Arif mengungkapkan rasa terima kasih kepada PT Pertamina yang telah menunjukkan kepeduliannya terhadap dunia Ponpes  dengan dilaksanakannya kerjama dengan PW RMI NU dalam pelaksanaan program permodalan kemitraan CSR yang diperuntukkan bagi pesantren-pesantren.

Dalam pengantar tersebut, Dr Arif juga menjelaskan bahwa acara diksusi virtual sekaligus silaturrahim ini nantinya akan langsung disampaikan kepada PW NU Sumut. “Sekaligus juga kepada Bapak Abdullah Rozin (Gus Rozin) selaku Ketua PB RMI NU Pusta sekaligus Stafsus Presiden RI Bagian Pesantren,” tegasnya sembari menambahkan bahwa Gus Rozin getol mendukung kegiatan-kegiatan pengembangan Ponpes di Indonesia.

Menyahuti harapan Ketua PW RMI NU Sumut dalam diskusi virtual itu, M Roby Hervindo Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I mengatakan, bahwa PT Pertamina ingin bermitra dengan RMI NU Sumut dalam hal Program CSR yaitu kemitraan Permodalan Bergulir yang ditujukan untuk memajukan perekonomian keluarga Pondok Pesantren NU di Sumatera Utara.

“Harapannya tentulah dengan CSR, nantinya PT. Pertamina dapat mendukung dengan maksimal dan berperan serta memajukan perekonomian masyarakat, khususnya masyarakat pesantren. Sehingga para santri dalam menimba ilmu bisa lebih bersungguh-sungguh lagi,” tegas pria yang akrab disapa Roby itu.  

Sedangkan Tengku Muhammad Rum Manajer Hubungan Komunikasi & CSR RU IV menegaskan nantinya kegiatan CSR PT Pertamina tersebut tetap melalui proses administrasi yang telah ditentukan. “Sistem administrasi itu tidak akan mempersulit para pihak karena tujuan utama dari PT Pertamina hanya untuk membantu mendongkrak perekonomian masyarakat,” ulasnya.

Pada diskusi tersebut selanjutnya Dr Arif  menegaskan, bahwa PW RMI NU siap mendukung bahkan mendampingi PT Pertamina dalam melaksanakan kegiatan CSR. “Insya Allah dengan pendampingan kami, PT Pertamina tidak salah sasaran dalam menetapkan ponpes, alumni pesantren serta santri yang nantinya akan memanfaatkan CSR itu dengan baik,” urainya.

Kemudian, Dr Alfin Siregar MPd Wakil Ketua PW RMI NU Sumut dalam kesempatan tersebut juga menambahkan, PW RMI NU juga siap untuk membantu mengasesment pihak ponpes yang layak menerima bantuan CSR PT Pertamina.

Namun pria yang sapaan karibnya Alfin itu juga menegaskan, agar dana tersebut tidak sis-sia hendaknya sebelum memberikan modal usaha, PT Pertamina melakukan pelatihan-pelatihan kewirausahaan. “Sehingga nantinya terbentuklah UKK/UKM santri ataupun pesantren yang profesional dan proporsional,” ungkapnya.  

Disesi akhir diskusi virtual itu, Roby menengaskan bahwasannya PT Pertamina telah siap dalam memajukan perekonomian.  “Insya Allah kami siap memajukan perekonomian masyarakat pesantren di Sumatera Utara dan akan segera merencanakan pelaksanaan kegiatan-kegiatan pelatihan kewirausahaan bagi keluarga besar Pondok Pesantren NU Sumatera Utara, sehingga dapat menambah wawasan kemandirian baik bagi santri, pengelola pesantren dan bahkan para alumni pondok pesantren,” urainya.  

Sedangkan Dr Arif di sesi akhir diskusi menambahkan, pihaknya akan sosialisasikan hasil pertemuan RMI NU Sumut  dengan PT Pertamina kepada para pimpinan ponpes. “Pada acara silaturrahim seluruh Ponpes NU Sumut yang akan dilaksanakan di Medan pada tanggal 05 Juli 2020 kita akan sosialisasikan program PT Pertamina ini,” tambahnya.

Terpisah, persishnya pasca dikusi virtual itu usai, persisnya ba’da Djuhur terlihat Dr Arif bersilaturrahim dengan KH Syahrial Tambunan MBA Ketua Tandfiziah PW NU Sumut dan KH Abrar M Dawud Faza, MA selaku Katib PW NU Sumut  dalam rangka menyampaikan hasil silaturrahim PW RMI bersama PT. Pertamina Regional I.

Dikesempatan itu, Kyai Abrar memberikan wejangan agar PW RMI tetap menjaga hubungan baik dengan PT. Pertamina dan memanfaatkan kegiatan nantinya untuk memajukan perekonomian pesantren NU di Sumut.

Ditegaskan Kyai Syahrial agar RMI NU Sumatera Utara serius dalam membantu pendampingan Program CSR PT. Pertamina, sehingga tepat sasaran dan membawa manfaat bagi keluarga pesantren NU di Sumut. “Jika dibutuhkan NU Sumut juga siap membantu, apalagi kegiatan-kegiatan sperti ini merupakan ibadah,” sebutnya.

Mengakhiri anjangsana RMI NU Sumut pasca diskusi virtual itu, Syahrial  juga menyampaikan ungkapan terimakasih. “Terima kasih kepada PT. Pertamina yang menunjukkan kepedulian terhadap perekonomian Pondok Pesantren NU di Sumatera Utara,”ungkapnya.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *