Kementrian ESDM Serahkan 7 Sumur Bor di Sergei dan Deliserdang

* Amarullah: Alhamdulillah…1700 Santri Telah Dapatkan Air Bersih

Deliserdang-Patennews.com: Kementrian Eenergi dan Sumberdaya Manusia (Kemen ESDM) melalui Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Sumber Daya Alam   Drs. Sampe L. Purba, M.com berikan bantuan Sumur Bor Air Tanah sebanyak 7 unit untuk Kabupaten Deli Serdang dan Serdang Bedagai (Sergei).

“Bantuan ini, Program Badan Geologi, Kementerian ESDM untuk wilayah Kabupaten Deli Serdang dan Kabupaten Serdang Berdagai Provinsi Sumatera Utara,” kata Drs. Sampe L. Purba, M.com, saat acara peresmian dan penyerahan 7 Sumur Bor di    Pondok Pesantren Darul Qur’an, Desa Amplas Kecamatan Percut Sei Tuan, Deliserdang, Provinsi Sumatera Utara, Kamis (17/10).

Untuk bantuan Sumur Bor Air Tanah di Kedua Kabupaten tersebut, jelas Sampe L Purba, dipusatkan di Pondok Pesantren Tahfiz Darul Qur’an, Desa Amplas, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang.

Diterangkannya, Kemen ESDM pada tahun 2019 telah membangun sumur bor, yakni sebanyak 3 unit di Kabupaten Deli Sedang dan 4 Unit di Kabupaten Serdang Berdagai. “Pembangunan ini sudah dapat secara penuh digunakan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan air bersih,” ungkapnya.

Selain itu, peresmian ini juga dimaksudkan sebagai bahan sosialisasi kepada masyarakat bahwa pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian ESDM, bekerjasama dengan pemerintah daerah dan didukung oleh Komisi VII DPR RI memiliki program yang pro terhadap kesejahteraan masyarakat, yaitu pengentasan daerah sulit air bersih melalui pengeboran air tanah dalam.

Pada tahun 2019 ini Badan Geologi telah menargetkan segera dibangun 650 sumur bor baru, yang tersebar di 33 provinsi dan 312 kabupaten.  Untuk di Provinsi Sumatera Utara sendiri direncanakan akan dibangun 25 titik sumur bor. “Untuk Kabupaten Deli Serdang dan Serdang Bedagai telah berhasil diselesaikan,” urainya.

Dirincinya, untuk 3 lokasi Sumur Bor di Deli Serdang yaitu, 1 unit berada di Pondok Pesantren Tahfiz Darul Qur’an di Desa Amplas, Kec. Percut Sei Tuan. 2 Unit di Desa Manunggal, Kecamatan Labuhan Deli Kabupaten Deli Serdang.

Sedangkan 4 titik di ada Kabupaten Serdang Bedagai yakni,1 Unit di Desa Tanjung Morawa, Kec. Tanjung Morawa. 1 Unit di Desa Rei Rampah, Kec. Sei Rampah. 1 Unit di Desa Renggalang, Kec. Sei Bamban. Kemudian 1 Unit di Desa Jambur Pulau, Kec. Perbaungan.

“Ketujuh Sumur ini dibangun dengan Anggaran pembangunan sumur bor kurang lebih sebesar 2,8 Miliar rupiah,” tegasnya, sembari menambahkan sumur-sumur bor ini memiliki spesifikasi sebagai berikut, Kedalaman: 126 m, Pompaselam: 3 PK, Pembangkit Genset: 10 KPA, Reservoir (bak penampung): 5000 L, Bangunan Rumah Genset: 1 Unit, Debit rata-rata: 2 liter/detik.

Pada acara seremonial penyerahan Sumur Bor Air Tanah itu, DR H Amarullah Nasution MBA sebagai Pendiri Pesantren Darul Qur’an meemberikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada kementrian Energi dan Sumberdaya Mineral atas program bantuan sumur bor.

“Dari 7 bantuan Sumur Bor yang salahsatunya dipercayakan kepada Pesantren Darul Qur’an. memang sangat dibutuhkan di pesantren ini. “Alhamdulillah…Sumur bor ini dapat memproduksi air bersih untuk memenuhi kebutuhan pesantren yang jumlah santrinya lebih dari 1700 orang,” tandasnya.

Hadir dalam peresmian itu, rombongan Kementrian ESDM, Anggota Komisi VII Dapil Provinsi Sumatera Utara H. Abdul Wahab Dalimunthe SH, pejabat di Lingkungan pemerintah Kabupaten Deli Serdang dan Pemerintah Kabupaten Serdang Berdagai, Dinas ESDM Provinsi Sumatera Utara, serta masyarakat Desa Amplas. (dra).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *