Diganjal Audit BPKP, Ditreskrimsus Terpaksa SP3 Korup Terminal Truk Sibolga

Medan : PNC | Apa yang menjadi kekhawatiran mantan Kasubdit III/Tipikor Dit Reskrimsus Polda Sumut, AKBP Frido Situmorang terkait kasus dugaan korupsi alias korup yang ditangani dan sudah mengantongi calon tersangka akan berujung SP3, gara-gara diganjal audit BPKP tak menemukan kerugian negara, terjawab sudah.

Persisnya setelah  Frido tak lagi menjabat salahsatu kursi institusi bhayangkara yang tugasnya memberangus korupsi tersebut. Faktanya, AKBP Putu Yudha Putra selaku pengganti Frido menegaskan kalau kasus tersebut dihentikan atau di SP3-kan.

“Surat Perintah Penghentian Penyelidikan (SP3) kasus korupsi pengadaan lahan terminal truk di Sibolga Tahun Anggaran (TA) 2011 senilai Rp1,4 miliar itu karena tidak cukup bukti,” kata Kasubdit III/Tipikor Dit Reskrimsus Polda Sumut, AKBP Putu Yudha Putra melalui telepon seluler, Jumat (17/11).

Putu menegaskan, alasan tidak cukup bukti itu diperkuat dengan tidak ditemukan kerugian keuangan negara berdasarkan Hasil Telaah Auditor BPKP Provsu Surat No:SR-24/Pw02/5/2016 tanggal 19 April 2016.

Selain itu, tanah yang diganti rugi sudah beralih menjadi (Areal Penggunaan Lain (APL). “Dugaan awal penyelidikan adalah termasuk hutan lindung, padahal, sudah beralih APL,” kata Putu.

Untuk diketahui, lahan terminal truk itu berada di Km 3 Desa Huta Barusjahe Sibolga Utara berbiaya Rp1,4 miliar.

Sebelumnya, mantan Kasubdit III/Tipikor Dit Reskrimsus Polda Sumut, AKBP Frido Situmorang mengakui, pihaknya sudah mengantongi nama-nama calon tersangka dugaan korupsi tersebut.

“Walau kita sudah mengantongi nama-nama tersangka, namun kalau BPKP mengatakan tidak ada kerugian negara, yah… tentu penyidikan tidak bisa kita lanjutkan dan wajib dihentikan,” ujarnya.

Ketika penyelidikan itu, Walikota Sibolga, Syarfi Hutauruk sempat tidak bersedia hadir saat dipanggil untuk pemeriksaan. Proyek pengadaan lahan untuk pembangunan terminal truk di Km 3, Desa Huta Kecamatan Sibolga Utara itu tidak termasuk dalam rencana awal pembelian lahan untuk pembangunan fasilitas umum oleh Pemko sibolga. (Hen).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *