Akhyar: Prestasi Ini Saya Dedikasikan Untuk Warga Medan

Tebing Tinggi-Patennews: Kota Medan keluar sebagai juara umum Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-37 Tingkat Provinsi Sumatera Utara 2020 yang berlangsung di Lapangan Merdeka, Kota Tebing Tinggi, Jumat (11/9). Keberhasilan. Ini diraih setelah sejumlah kafilahnya berhasil keluar sebagai juara satu dari sejumlah cabang yang diperlombakan. Sukses ini menjadikan Kota Medan untuk kelima kalinya sebagai juara umum sejak MTQ Tingkat Provinsi Sumut digelar.

Dalam pelaksanaan MTQ yang berlangsung selama sepekan itu, kafilah Kota Medan berhasil memperoleh nilai 121 sehingga mengantarkannya sebagai juara umum, sedangkan juara kedua diraih tuan rumah Kota Tebing Tinggi dengan nilai 71. Di tempat ketiga diraih Kabupaten Sedang Bedagai dengan memperoleh nilai 45. Selain tropi dan piagam penghargaan, pemenang juga mendapatkan hadiah uang senilai Rp.6 juta rupiah serta paket umroh dari Gubsu.

Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi sangat bangga sekaligus terharu atas keberhasilan kafilah Kota Medan yang berhasil keluar sebagai juara umum. Dikatakannya, keberhasilan itu sebagai bukti pembinaan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kota Medan berjalan dengan baik meski pun di tengah pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

“Syukur Alhamdulilah kita panjatkan kepada Allah SWT, berkat ridho dan perkenan-Nya, Kota Medan berhasil keluar sebagai juara umum MTQ ke-37 Tingkat Provinsi Sumut. Keberhasilan ini sangat membanggakan sekali dan saya dedikasikan kepada seluruh warga Kota Medan atas doa dan dukungannya kepada seluruh kafilah Kota Medan yang selama 6 hari bertanding di Kota Tebing Tinggi,” kata Akhyar haru.

Mantan anggota DPRD Medan itu mengungkapkan, Pemko Medan selama ini sangat serius dalam membina qori dan qoriah. Apalagi imbuhnya, Kota Medan selama ini banyak menghasilkan qori dan qoriah tingkat nasional dan internasional. Diharapkannya, keberhasilan ini tidak langsung membuat puas karena tantangan lebih berat ada di depan mata akan menjadi duta Provinsi Sumut untuk tampil di MTQ ke-28 Tingkat Nasional 2020 di Sumbar.

“Terima kasih kepada seluruh qori dan qoriah Kota Medan yang telah bekerja keras dan menunjukkan prestasinya. Ini bukti pembinaan yang telah dilakukan LPTQ Kota Medan telah berjalan dengan baik. Insya Allah mereka akan dapat bersaing di MTQ Nasional 2020 di Sumbar dan kembali keluar sebagai pemenang,” harapnya didampingi Asisten Umum Setdako Medan Renward Parapat, Kakan Kemenag Kota Medan Impun Siregar, Kabag Humas Arrahman Pane dan Plt Kabag Agama Setdako Agus Maryono.

Penutupan MTQ berjalan lancar dan dihadiri sekitar seribuan warga dengan menerapkan protokol kesehatan. Sebelum Gubsu Edy Rahmayadi menutup, acara diawali dengan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan doa serta penurunan bendera MTQ yang telah berkibar selama sepekan. Lalu dilanjutkan dengan kata sambutan dari Wali Kota Tebing Tinggi Ir H Umar Zunaidi Hasibuan MM.

Gubsu Edy Rahmayadi  dalam sambutan penutupannya mengatakan, pelaksanaan MTQ selama sepekan berlangsung meriah meski berlangsung di tengah pandemi Covid-19. Hal itu tidak terlepas dari dukungan penuh para jurnalis sehingga gaung festival pemuliaan Al Qur’an yang berlangsung di Kota Tebing Tinggi  semakin besar.

Kepada kafilah yang keluar sebagai pemenang, Gubsu mengucapkan selamat. Dia berharap keberhasilan ini dapat menjadi spirit dan motivasi untuk menghadapi MTQ Nasional 2020 di Sumbar. Tak lupa Gubsu juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada dewan hakim yang telah bekerja dengan baik dalam melakukan penilaian.

Di kesempatan itu Gubsu juga menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Wali Kota Tebing Tinggi dan masyarakat Tebing Tinggi yang telah memberikan dukungan penuh, sehingga pelaksanaan MTQ berjalan lancar. “Terima kasih atas semua dukungannya, mari kita bersama tunjukkan bahwasannya Islam merupakan agama rahmatan lil Al-Amin. Jaga terus persatuan dan kebersamaan, semoga Allah SWT melindungi kita semua,” pungkas Gubsu.

Dengan mengucapkan kalimat Al Fatiha, Gubsu pun menutup MTQ ke-37 Tingkat Provinsi Sumut 2020. Setelah itu dilanjutkan dengan pembacaan hasil keputusan dewan hakim yang diketuai Drs H Palit Muda Harahap atas penilaian yang telah dilakukan sejak 5-11 September. Keputusannya menetapkan Kota Medan sebagai juara umum. Diikuti dengan penyerahan piala bergilir oleh Gubsu kepada Plt Wali Kota Medan.(H)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *