Wih… Ada Pulau-pulau Indah di Kawasan Nasional Taman Komodo

Taman Nasional Komodo memiliki segudang destinasi wisata yang popular untuk dikunjungi wisatawan.  Tak hanya wisatawan domestik, tapi banyak juga wisatawan asing yang mengagumi pesona Taman Nasional Komodo. Nah, Taman Nasional Komodo terdiri dari banyak pulau termasuk pulau-pulau kecil dengan pemandangan memesona di sekitar Flores, di antaranya  Pulau Rinca, Pulau Padar dan Pulau Gililaba.

Pulau Rinca

Letak Pulau Rinca  lebih dekat dari Labuan Bajo jika dibandingkan dengan Pulau Komodo. Apabila Anda ingin menuju Pulau Rinca bisa menggunakan kapal sewaan dengan memulai perjalanan dari Labuan bajo. Nah, perjalanan menuju Pulau Rinca dari Labuan Bajo ini bisa ditempuh selama 2 jam.

Di Pulau Rinca ini, Anda bisa menemui berbagai jenis binatang, seperti komodo, babi liar, kerbau dan burung. Anda bisa juga menemui komodo di Pulau Rinca. Pulau ini ternyata merupakan habitat asli komodo dengan populasi terbanyak kedua setelah Pulau Komodo. Biasanya banyak orang mendatangi tempat ini untuk melihat secara langsung tingkah laku hewan yang mulai punah  tersebut.

Namun, pulau ini juga menyimpan pesona lain. Saat Anda  tracking di bukit yang hijau tentu akan melihat pemandangan lautnya yang sangat mempesona. Pemandgan biru dan hijau akan mendominasi ditempat ini. Selain itu, Anda juga bisa ikut melestarikan lingkungan dengan penanaman tanaman bakau.

Pulau Padar

Pulau Padar merupakan pulau ketiga terbesar di kawasan Taman Nasional Komodo, setelah Pulau Komodo, dan Pulau Rinca. Tempat ini sangat cocok khusus Anda yang menyukai kegiatan diving maupun snorkeling karena ada sekitar 42 spot penyelaman yang bisa Anda coba. Salah satunya adalah Batu Samsia yang menyajikan kehidupan bawah  laut seperti kura -kura, mackerel, hiu, dan lain sebagainya.

Pulau Padar
Pulau Padar

Letak Pulau Padar cenderung lebih dekat dengan Pulau Rinca dibandingkan dengan jarak ke Pulau Komodo dan dipisahkan oleh Selat Lintah. Pulau Padar juga diterima sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO, karena berada dalam wilayah Taman Nasional Komodo, bersama dengan Pulau Komodo, Pulau Rinca dan Gili Motang.

Pulau Padar ini memang berada di dalam kawasan Taman Nasional Komodo,tapi  Pulau Padar tidak dihuni oleh komodo karena putusnya rantai makanan. Hal tersebut menyebabkan ekosistem di pulau tersebut menjadi tidak berkembang sehingga pada akhirnya populasi komodo pun menjadi punah.

Menarinya, di sekitar Pulau Padar terdapat pula tiga atau empat pulau kecil yang memiliki keunikan panorama masing-masing. Nah, di Pulau Padar juga terdapat hamparan Pink Beach yang bisa Anda  nikmati dengan pemandangan bukit tepat di belakang pantai tersebut. Anda akan terkesima dengan panorama perbukitan yang hijau menyatu dengan birunya laut serta jajaran pulau di sekelilingnya.

Gili Laba

Selain Pulau Padar, ada lagi kecantikan pulau yang mempesona wisatawan. Keindahan alam Flores memang selalu menyuguhkan pesona yang taka da duanya. Pulau-pulau kecil di sekitarnya pun begitu memesona. Ini yang menjadikan Flores selalu ramai dikunjungi wisatawan.  Salah satu destinasi yang wajib untuk Anda datangi adalah Gili Laba.

Gili Laba bisa dibilang mirip mirip dengan Pulau Padar, pulaunya berbukit-bukit. Nah, untuk mencapai puncak bukit Anda bisa menempuh perjalnan sekitar 40 menit.  Sampai pada akhirnya, Anda menikmati keindahan alam sekitar saat berada di puncak. Tentu semua rasa lelah akan terbayarkan saat melihat rerumputan yang menguning hingga birunya laut terpampag jelas dari atas bukit.

Nantinya akan nampak pemandangan ujung-ujung pulau yang melengkung. Pemandangan semkain lengkap dengan pantai serta lautan biru yang membentang. Setelah puas menikmati keindahan di atas bukit. Anda bisa menyaksikan pemandangan yang tiada duanya di Gili Laba ini! (Mdev/okz).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *